Metro, 27 Mei 2023. Dirjen PPG Temu merilis surat edaran No 0864/B2/.GT.00.05/2023 tentang Informasi Pelaksanaan UKMPPG bagi Mahasiswa Kategori I tahun Gelombang II tahun 2022 dan Peserta Ujian Ulang (Retaker) tertanggal 26 Mei 2023 melalui laman resmi GTK PPG Pusat Informasi Persiapan dan Pelaksanaan UKMPPG bagi Mahasiswa Kategori I Gelombang II tahun 2022 dan Peserta Ujian Ulang (Retaker) – Direktorat Pendidikan Profesi Guru (PPG) (kemdikbud.go.id).


Dengan Surat Edaran tersebut seluruh peserta PPG Dalam jabatan K1 dan peserta retaker lainnya dapat segera mendaftar dan memproses semua persyaratan administrasi yang diperlukan melaui laman resmi UKMPPG Kemdikbud: Pendaftaran Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (kemdikbud.go.id). Adapun Jadwal selengkapnya dapat dilihat sebagai berikut:


Perlu ditegaskan bahwa peserta PPG yang belum lulus PPG diberi kesempatan 3 kali mengambil Ujian setelah selesai proses PPG sampai lulus dan mendapatkan sertifikat pendidik ’dan gelar akademik ”Gr”. Ayo temant-eman bergegas mengambil langkah dan mengisi kesempatan bagi kalian yang belum lulus. Sekedar mengingatkan pula bahwa persiapan ujian tidak bisa mendada, oleh karena itu tidak ada salahnya mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Setelah teman-teman dipastikan dapat kartu peserta UKMPPG belajarlah sebanyak mungkin dengan mengunduh dan membaca kisi-kisi soal yang dirilis secara resi oleh Pihak PPG melalui laman UKMPPG Pendaftaran Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (kemdikbud.go.id). Selain itu perbanyaklah menonton Youtube terkait contoh ujian ini dari para Youtuber yang pernah mengalami ujian ini. Yang tidak kalah pentingnya adalah memastikan lokasi saat tes, jaringan internet, dan kondisi yang aman dari kegaduhan. Pastikan pula bahwa semalam sebelum tes UP teman-teman tidur dengan cukup dan sarapan pagi dengan minuman dan makanan yang menambah energi saat ujian (DT-28-5-23).